Dalam era digitalisasi yang terus berkembang, kemampuan numerasi menjadi keterampilan esensial bagi siswa, terutama di tingkat SMK. Keterampilan ini melibatkan kemampuan menggunakan angka dan konsep matematika dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan dan dunia kerja. SMK Negeri 2 Jombang mengambil langkah strategis dengan memperkuat keterampilan numerasi berbasis aplikasi digital guna mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia industri.

Apa Itu Keterampilan Numerasi?

Menurut narasumber, Dr. Oemi Nur Qomariyah, M.Pd., keterampilan numerasi melibatkan beberapa aspek penting:

  1. Pemahaman Operasi Dasar Matematika: Kemampuan menghitung dan memecahkan masalah dengan baik.
  2. Penggunaan Alat Pengukur dan Teknologi: Misalnya, penguasaan alat ukur seperti penggaris, timbangan, dan teknologi digital lainnya.
  3. Kemampuan Berpikir Logis dan Analitis: Analisis data untuk mengambil keputusan yang tepat.
  4. Komunikasi Data Numerik: Penyusunan laporan atau presentasi dengan data numerik yang mudah dipahami.

Pendekatan Inovatif SMK Negeri 2 Jombang

Untuk mendukung penguatan keterampilan numerasi, SMK Negeri 2 Jombang menerapkan berbagai pendekatan berbasis teknologi:

  1. Menyesuaikan Pembelajaran dengan Karakteristik Siswa SMK

Pembelajaran difokuskan pada aplikasi nyata yang relevan dengan bidang studi, seperti perencanaan biaya proyek konstruksi bagi jurusan Teknik atau analisis hasil produksi di bengkel.

  1. Peningkatan Penggunaan Alat dan Teknologi

Siswa dilatih menggunakan software seperti Excel untuk analisis data, AutoCAD untuk desain teknis, dan aplikasi desain lainnya.

  1. Melibatkan Siswa dalam Proyek Praktis

Proyek berbasis dunia nyata memberikan siswa pengalaman langsung, misalnya:

  • Perencanaan anggaran dalam proyek konstruksi.
  • Analisis efisiensi produksi di bidang kuliner atau tata busana.
  1. Memberikan Tantangan Matematika dalam Studi Kasus

Studi kasus yang kompleks, seperti perhitungan laba atau analisis statistik, meningkatkan kemampuan numerasi siswa dalam konteks riil.

Pemanfaatan Aplikasi Digital dalam Pembelajaran

SMK Negeri 2 Jombang juga memanfaatkan berbagai aplikasi digital untuk memperkaya pembelajaran:

  • Learning Management System (LMS) seperti SIAJAR dan Microsite.
  • Quizziz, Padlet, dan Jamboard untuk pembelajaran interaktif.
  • Canva, Gamma, dan Mentimeter untuk presentasi dan visualisasi data.
  • ChatGPT untuk membantu siswa menyelesaikan studi kasus berbasis numerasi.
  • Gemini dan TTS untuk tantangan numerik yang menarik.

Hasil yang Diharapkan

Dengan strategi ini, siswa SMK Negeri 2 Jombang diharapkan memiliki kemampuan:

  • Mengaplikasikan konsep matematika dalam dunia kerja.
  • Menggunakan teknologi digital untuk menyelesaikan masalah.
  • Menganalisis data secara kritis dan mengambil keputusan berbasis informasi.
  • Mengkomunikasikan hasil analisis numerik secara profesional.

Komitmen SMK Negeri 2 Jombang

Kepala SMK Negeri 2 Jombang, Abdul Muntolib, S.Pd., M.M., menyatakan bahwa penguatan keterampilan numerasi berbasis digital bukan hanya memenuhi tuntutan kurikulum, tetapi juga mencetak generasi muda yang siap bersaing di dunia kerja.

“Dengan penguasaan numerasi yang baik dan pemanfaatan teknologi, siswa SMK dapat menjadi tenaga kerja yang kompeten dan relevan di era industri 4.0,” tegas beliau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *