All for Joomla All for Webmasters

Paskibra

PASKIBRA merupakan singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera. Dalam arti luas PASKIBRA berarti suatu wadah bagi bangsa dan Negara yang ditunjuk dalam menghormati Sang Merah Putih, disiplin, tangguh, pantang menyerah serta melatih Sikap Dasar Kepemimpinan dalam keorganisasian, baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat. Dalam arti khusus PASKIBRA adalah suatu wadah pembinaan  generasi muda, khususnya para pelajar SD, SLTP maupun  SLTA dalam hal Tata Upacara Bendera (TUB).

PASKIBRA bertugas dalam kegiatan upacara bendera. PASKIBRA umumnya ada di setiap sekolah-sekolah umum baik negeri maupun swasta. Sehingga PASKIBRA dapat di artikan sebagai sekelompok siswa-siswi yang bertugas untuk mengibarkan bendera merah putih pada hari-hari senin atau hari-hari besar lainnya.

Seorang PASKIBRA harus mempunyai karakter kepribadian yang baik, empati dalam bersikap, cermat dalam merancang, akurat dan tepat pada sasaran, mantap dalam melangkah, aktif dalam bertindak atau proaktif, bertata karma dan sopan, bersikap nasionalosme dan amanah.

Adapun maksud dan tujuan Paskibra yaitu sebagai wadah bagi pelajar SMK, diantaranya :

  • Menanamkan semangat nasionalisme dan patriotism
  • Menumbuhkan sikap cinta tanah air dan bangsa
  • Menumbuhkan sikap jasmani yang tegas dan tangkas
  • Disiplin diri dalam segala bidang kehidupan
  • Menumbuhkan sikap saling hormat menghormati kepada yang lebih dewasa atau sesama baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah
  • Meningkatkan pengetahuan-pangetahuan di dalam hal baris berbaris dan Tata Upacara Bendera (TUB).

Kepramukaan

Kepramukaan merupakan alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya. Jadi kegiatan kepramukaan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan pramuka itu sekedar alat saja, dan bukan tujuan pendidikannya.

Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan tujuan :

  1. Anggotanya menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.
  2. Anggotanya menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.
  3. Anggotanya menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya.
  4. Anggotanya menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.

Musik

Ekstra Kurikuler Musik adalah salah satu wadah pendidikan diluar jam pelajaran yang bertujuan sebagai wadah pengembangan bakat, keberadaan Ekstra kurikuler musik sangat penting disamping mendidik siswa dalam bermain musik juga sebagai promosi sekolah.

5  MANFAAT EKSKUL MUSIK

  1. MENGEMBANGKAN DAN  MEMAJUKAN  KREATIFITAS SENI, TERUTAMA DALAM BIDANG MUSIK.
  2. MEMBUKA  INSFIRASI BARU.
  3. DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI SENI MUSIK.
  4. TERLIBAT DALAM SUATU ACARA PENTAS SENI SEPERTI :  FESTIFAL, PENSI, dll…
  5. SANGAT MENGHIBUR DAN MEMBUAT DIRI KITA MENJADI CERIA,SENANG,BAHAGIA,TERSENYUM, DAN LAIN-LAIN…

Seni Al-Banjari

Al-Banjari adalah sebuah kesenian khas islami yang berasal dari Kalimantan. Iramanya yang menghentak, rancak dan variatif membuat kesenian ini masih banyak digandrungi oleh pemuda-pemudi hingga sekarang. Seni jenis ini bisa disebut pula aset atau ekskul terbaik di pondok-pondok pesantren Salafiyah. Sampai detik ini seni hadrah yang berasal dari kota Banjar ini bisa dibilang paling konsisten dan paling banyak diminati oleh kalangan santri, bahkan saat ini di beberapa kampus mulai ikut menyemarakkan jenis musik ini. Hadrah Al-Banjari masih merupakan jenis musik rebana yang mempunyai keterkaitan sejarah pada masa penyebaran agama Islam oleh Sunan Kalijaga, Jawa. Karena perkembangannya yang menarik, kesenian ini seringkali digelar dalam acara-acara seperti maulid nabi, isra’ mi’raj atau hajatan semacam sunatan dan pernikahan. Alat rebananya sendiri berasal dari daerah Timur Tengah dan dipakai untuk acara kesenian. Kemudian alat musik ini semakin meluas perkembangannya hingga ke Indonesia, mengalami penyesuaian dengan musik-musik tradisional baik seni lagu yang dibawakan maupun alat musik yang dimainkan. Demikian pula musik gambus, kasidah dan hadroh adalah termasuk jenis kesenian yang sering menggunakan rebana. Keunikan musik rebana termasuk banjari adalah hanya terdapat satu alat musik yaitu rebana yang dimainkan dengan cara dipukul secara langsung oleh tangan pemain tanpa menggunakan alat pemukul. Musik ini dapat dimainkan oleh siapapun untuk mengiringi nyanyian dzikir atau sholawat yang bertemakan pesan-pesan agama dan juga pesan-pesan sosial budaya. Umumnya menggunakan bahasa Arab, tapi belakangan banyak yang mengadopsi bahasa lokal untuk kresenian ini.

Paduan Suara

Paduan suara adalah bernyanyi bersama-sama atau dengan jumlah yang banyak. Umumnya paduan suara dinyanyikan dengan 4 bagian suara yaitu sopran, alto, tenor, bass. Sopran adalah suara perempuan dengan range vokal tertinggi. Dalam jenis suara sopran, ada juga jenis suara mezzo sopran, yaitu suara yang lebih rendah dari sopran namun lebih tinggi dari alto. Suara sopran juga terdapat pada suara laki-laki dewasa dengan menggunakan falsetto yaitu suara yang dihasilkan oleh resonator rongga kepala atau lebih familiar dengan sebutan suara kepala. Selain terdapat pada suara laki-laki dewasa, sopran juga dapat dimiliki anak laki-laki pada usia yang masih muda dimana suaranya belum mengalami puber suara. Jenis suara ini disebut boy soprano. Alto adalah suara perempuan dengan range vokal terendah. Alto juga dikenal dengan istilah contralto. Dalam alto ada juga yang disebut counter tenor, yaitu suara laki-laki yang range vokalnya hampir sama dengan alto perempuan. Sama halnya dengan laki-laki yang mampu menghasilkan suara sopran, untuk menghasilkan suara counter tenor juga menggunakan falsetto. Biasanya alto membawakan suara kedua tertinggi dalam paduan suara. Tenor adalah suara laki-laki dengan range vokal tertinggi. Pada partitur paduan suara untuk tenor biasanya tertulis dalam kunci G seperti yang digunakan sopran. Bass adalah suara laki-laki dengan range vokal paling rendah.

Teknik vokal yang dilatih diantara yaitu : Latihan Pernapasan, Artikulasi, Intonasi, dan penghayatan.

Modelling

Selain berjalan di atas catwalk, dunia modeling juga memberikan kesempatan untuk menjadi model sampul majalah, bintang iklan, atau model untuk ilustrasi artikel. Bukan hanya itu lho, model juga menjadi jembatan untuk meloncat ke dunia akting, menjadi pemain sinetron atau film.
Kegiatan modelling mempunyai manfaat untuk siswa, di antaranya:
1. Belajar lebih berani tampil di depan umum
2. Belajar lebih berani berinteraksi dengan orang lain
3. Belajar bekerjasama dengan orang lain
4. Belajar disiplin
5. Belajar menghargai dan toleran terhadap orang lain

Beauty Innovations

Siapa yang tidak mau terlihat cantik dan percaya diri? Selain kecantikan dari dalam, make up juga menjadi salah satu pendukung kepercayaan diri, bukan hanya untuk menyenangkan hati orang lain. Belajar Makeup dasar menjadi hal yang cukup penting, kita jadi tahu bagaimana caranya berdandan sendiri untuk acara khusus. Dengan belajar makeup, secara tidak langsung kita akan mengetahui jenis kulit yang dimiliki. Selain itu, kita juga bisa tahu produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit kita. Jadi, kita bisa lebih menjaga kulit wajah agar tetap sehat.

Di ekstrakurikuler beauty innovation ini kita akan belajar make up untuk sehari-hari, make up karakter, make up panggung, dan lain-lain

Product Creatives

The Art Of Cooking

Ekstra Kurikuler The Art of Cooking adalah kegiatan tambahan dibidang Jasa Boga yang tujuannya melatih peserta didik lebih terampil dalam mengolah dan menyajikan makanan secara menarik sesuai dengan perkembangan kuliner. Kegiatan  tambahan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan kepada peserta didik sehingga peserta didik menjadi lebih kompeten dibidangnya khususnya peserta didik jurusan Tata Boga.

Tujuan kegiatan ekstra the art of cooking adalah adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam hal-hal berikut :

  1. Terampil membuat garnish dari bahan makanan
  2. Terampil membuat lipatan serbet makan
  3. Terampil membuat lipatan daun dan mengaplikasikan pada wadah tumpeng
  4. Terampil membuat rangkaian buah dan sayur
  5. Terampil membuat rangkaian bunga
  6. Terampil membuat jelly art
  7. Terampil membuat Fruit Carving
  8. Terampil menghias telur rebus
  9. Terampil membuat dekorasi kue
  10. Dll

Olah Pernafasan ``Nur Alif``

Lembaga Pernafasan Kesehatan & Tenaga Dalam “NUR ALIF” adalah sebuah organisasi yang bersifat mandiri, tidak berfailiasi dengan sosial politik manapun. Didirikan pada tanggal 11 September 1992 di Jombang Jawa Timur. LPKTD “NUR ALIF” berazaskan Pancasila dan UUD 1945. Tujuan dari LPKTD “NUR ALIF” adalah mempertahankan dan mengembangkan keilmuan, kebudayaan dan kepribadian bangsa, mencapai manusia yang sehat jasmani dan rohani, serta mampu mempertahankan diri secara utuh.

Kegiatan berbentuk tata gerak dan olah nafas yang diatur oleh kurikulum organisasi terdiri dari berbagai macam olah pernafasan seperti :

  1. Pernafasan dasar untuk kekuatan tubuh, memperkokoh mental dan kepercayaan diri(EQ).
  2. Pernafasan Yoga untuk kesegaran tubuh dan fikiran.
  3. Pernafasan kesehatan untuk pencegahan unsur yang merusak kesehatan.
  4. Teknik batiniah qolbu untuk meningkatkan SQ dan hubungan vertikal.
  5. Pernafasan Jurus Inti untuk sterelisasasi hati dan meruanglingkupi keseluruhan hal di atas.

Seni Tari

Seni tari adalah seni yang menggunakan gerakan tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan mengungkapkan perasaan, maksud danpikiran. Tarian merupakan perpaduan dari beberapa unsur yaitu raga, irama, dan rasa.

Manfaat mempelajari seni tari :

  1. menumbuhkan cinta daerah dan kesenian tradisional
  2. mengerti warisan leluhur tentang seni tari
  3. menghidupkan kesenian daeraha agar tidak musnah
  4. Menyehatkan tubuh
  5. Meningkatkan sikap koordinasi

PMR

Palang Merah Remaja (PMR) adalah wadah promosi dan pengembangan anggota muda dari PMI, PMI selanjutnya disebut PMR.Terdapat di kota atau kabupaten di Indonesia, dengan lebih dari 5 juta orang, anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan kesiapsiagaan bencana kemanusiaan dan di sektor kesehatan, mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional, dan mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

Tri Bhakti PMR adalah :

  • Meningkatkan keterampilan hidup sehat.
  • Pekerjaan dan ibadah di masyarakat.
  • Memperkuat persahabatan nasional dan internasional.

Materi dalam kegiatan PMR adalah :

  1. Gerakan kepalangmerahan
  2. Kepemimpinan
  3. Pertolongan pertama
  4. Sanitasi dan kesehatan
  5. Kesehatan remaja
  6. Kesiapsiagaan bencana
  7. Donor darah

Taekwondo

Taekwondo (juga dieja Tae Kwon Do atau Taekwon-Do) adalah seni beladiri asal Korea yang juga sebagai olahraga nasional Korea. Ini adalah salah satu seni bela diri populer di dunia yang dipertandingkan di Olimpiade. 

Tae berarti “menendang atau menghancurkan dengan kaki”; Kwon berarti “tinju”; dan Do berarti “jalan” atau “seni”. Jadi, Taekwondo dapat diterjemahkan dengan bebas sebagai “seni tangan dan kaki” atau “jalan” atau “cara kaki dan kepalan”.

Popularitas taekwondo telah menyebabkan seni ini berkembang dalam berbagai bentuk. Seperti banyak seni bela diri lainnya, taekwondo adalah gabungan dari teknik perkelahian, bela diri, olahraga, olah tubuh, hiburan, dan filsafat.